Selasa, 10 Mei 2016

Teks Prosedur Kompleks

Tips – Tips dan Cara Menghindari Pembullyan

Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Tujuannya adalah agar anda tidak disudutkan dan terintimidasi oleh seseorang yang membully andaAda sejumlah cara yang mungkin dapat berguna untuk mengatasi bullying sehingga kejadian ini tidak terulang lagi.

1.      Berbicaralah dengan orang lain

Ketika mengalami masalah ini, berbicaralah dengan orang lain dan beritahukan pada orang terdekat Anda ataupun yang berwenang. Misalnya Anda seorang remaja yang ditindas oleh beberapa anak disekolah bicarakan hal ini dengan seseorang yang berwenang. Berbicara dengan orangtua, seorang konselor, ataupun guru. Berbicara adalah salah satu cara yang paling penting untuk menangani bullying. Apabila Anda tidak berbuat sesuatu padahal tindakan ini akan terus membuntuti Anda.

2.      Pastikan Anda di dengar

Kadang – kadang Anda harus memberitahu lebih dari satu orang. Ini adalah fakta yang disayangkan bahwa kadang-kadang orang yang mengetahui hal ini tidak melakukan apapun. Mereka tidak berpikir serius, mereka tidak tahu bagaimana untuk menanganinya, dan ada juga yang berpikir tindakan ini hanya perbuatan yang kekanak-kanakan dan tidakpenting. Dengan memberitahu lebih dari satu orang terdekat Anda, akan memastikan bahwa Anda didengar dan mereka menanggapinya dengan benar-benar serius.

3.      Hindari situasi Bullying

      Karena pastinya Anda tidak ingin mengalami situasi ini. Tidak usah dikatakan bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk menangani bullying adalah dengan membawa diri Anda keluar dari situasi ini. Anda dapat menemukan cara baru untuk berjalan kesekolah atau duduk ditempat lain di kantin.

4.      Tunjukkan bahwa Anda tidak takut

Menunjukkan bahwa Anda tidak takut juga merupakan cara penting untuk menangani bullying. Terkadang bila si pengganggu memiliki naluri seperti binatang liar. Mereka merasakan ketakutan dan kelemahan dan mereka menggunakan kelemahan yang dirasakan untuk mengganggu orang lain.

5.      Tidak membalas dengan hal yang sama

Membalas dengan hal yang sama bukanlah tindakan yang terpuji dan patut untuk dilakukan. Kebencian tidak harus ditanggapi dengan kebencian, karena permasalahan tidak akan ada habisnya, yang ada malah menciptakan siklus yang berkelanjutan. Jadi sebaiknya Anda tidak membalas dengan hal yang sama.

6.      Beranikan diri untuk membela diri sendiri

Beranikan diri untuk membela diri sendiri, jika bukan Anda yang membela diri Anda sendiri siapa lagi yang akan memulainya. Ada beberapa cara untuk melakukannya, cara-cara seperti poin diatas termasuk salah satu cara untuk membela diri.

7.       Jangan terlihat lemah

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu yang melibatkan si pengganggu Anda. Sekali lagi, ia akan melihat bahwa Anda rentan dan lemah, dan hal inilah yang memberi kekuatan bagi si pengganggu. Tidak usah terlibat dalam kekerasan atau terpancing emosi, dan jangan biarkan si pengganggu melihat Anda menangis.

8.       Cari dukungan

Jika tidak bisa diatasi sendiri, carilah bantuan dan dukungan. Adanya kelompok-kelompok pendukung mungkin bisa membantu dan memberikan dukungan moril, terutama dalam kasus-kasus bullying yang ekstrim. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa Anda tidak sendirian, orang lain juga bisa mengalami hal yang sama, dan Anda akan lebih kuat bersama-sama daripada Anda menghadapinya sendirian.


Tidak seorangpun yang pantas mengalami kasus bullying, dimanapun ia berada. Selain itu, jika Anda melihat orang lain ditindas, Anda dapat melakukan apa yang Anda bisa untuk membantu. Apapun alasan yang menjadikan bullying terjadi tidak dapat dibenarkan, apakah seseorang itu memiliki berat badan, memiliki kelebihan dibandingkan yang lain, atau seseorang itu terkenal. Bahkan aktor atau aktris pun ada yang mengalami kasus bullying, seperti Eminem, Vanessa Hudgens, Taylor Swift, atau bahkan Robert Pattinson sekalipun. Berurusan dengan bullying memerlukan keberanian serta kepercayaan diri.

1 komentar: